احكام
زكاة الفطر فى مذهب الشافعى
Hukum-Hukum Zakat Fitrah Dalam Madzhab
Syafi’i
Pengertian
Dan Dasar Hukum
Zakat secara bahasa adalah bertambah atau meningkat (an-Namaa), dan juga
dapat di artikan berkah (barakah), banyak kebaikan (katsir al-khair),
dan mensucikan (tathhir). Sedangkan zakat secara syara’ adalah
nama harta tertentu ,di keluarkan dari harta yang tertentu, dengan cara-cara
tertentu dan di berikan kepada golongan yang tertentu pula.[1]
Adapun
makna Fitrah adalah merujuk pada keadaan manusia saat baru di ciptakan atau khilqah.
Allah SWT berfirman :
فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفاً
فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا
Artinya:
Maka hadapkanlah
wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia
telah Menciptakan manusia menurut (fitrah) itu.(Q.S.ar-Rum:30).[2]
Selanjutnya zakat
fitrah juga dapat di sebut zakat puasa atau zakat yang sebab
diwajibkanya adalah futhur (berbuka puasa) pada bulan Ramadhan.Dan juga
bisa di sebut zakat badan karena berfungsi untuk mensucikan diri. Dalam
istilah ahli fiqih (fuqaha), zakat fitrah adalah zakat diri yang di
wajibkan atas setiap individu muslim yang mampu dengan syarat-syarat yang telah
di tetapkan.
Menurut Waqi’
bin Jarah, zakat fitrah bagi puasa bulan
ramadhan adalah seperti sujud sahwi
terhadap shalat. pengertiannya adalah zakat
fitrah dapat menambal kekurangan puasa
sebagaimana sujud sahwi menambal kekurangan shalat. Perkataan ini di perkuat dengan sabda
Nabi Muhammad SAW, yang mengatakan bahwa
“zakat fitrah dapat membersihkan orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan
perkataan keji”. [3]Demikian pula
dengan hadis Nabi Muhammad SAW, yang menyatakan bahwa “puasa Ramadhan
tergantung antara langit dan bumi dan tidak akan di angkat ke hadapan Allah
kecuali dengan zakat fitrah”. Abu bakar Syata’ dalam kitabnya menjelaskan bahwa
maksud dari “tidak di angkat” adalah meupakan kinayah dari sempurnanya pahala
puasa di bulan Ramadhan itu tergantung dari orang yang berpuasa, apakah ia mengeluarkan
zakat fitrah atau tidak. Pengertiannya bukan berarti, tanpa zakat fitrah
berarti puasanya tidak diterima. Jadi seandainya saja seseorang yang berpuasa
di bulan Ramadhan kemudian tidak mengeluarkan zakat fitrah, maka puasanya tetap
di terima oleh Allah SWT. [4]
Zakat mal (harta)
pertama kali diwajibkan pada bulan sya’ban tahun kedua hijriah beserta di
wajibkannya pula zakat fitrah, menurut pendapat yang masyhur kewajiban
mengeluarkan zakat pertama kali di lakukan pada bulan syawal tahun ke dua
hijriah, sedangkan zakat fitrah pada bulan syawal, yakni 2 hari menjelang hari
raya idul fitri.[5]
Berikut ini adalah ayat al-Qur’an
dan hadis Nabi Muhammad SAW, yang menjadi sumber hukum kewajiban menunaikan
zakat fitrah, di antaranya adalah:
وَاَقِيْمُوْ االصَّلَوةَ
وَاَتُوْاالزَّ كَوْةَ, وَمَـاتُقَدّ ِمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍتَجِدُوْهُ
عِنْدَاللهِ, اِنَّ اللهَ بِمَاتَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Artinya :
Dan
dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari
kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah.
Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.
Al-Baqarah:110).[6]
Hadis Nabi berkenaan dengan
kewajiban zakat fitrah :
عن ابن عمر رضي الله عنهما
قال فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم زكاة الفطر، صاعا من تمر أو صاعا من شعير،
على العبد والحر، والذكر والأنثى، والصغير والكبير، من المسلمين، وأمر بها أن تؤدى
قبل خروج الناس إلى الصلاة.(متفق عليه)
Artinya :
Dari Ibnu
Umar, radhiyallahu ‘anhuma ia berkata: Rasulullah saw. telah mewajibkan
mengeluarkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ sya’ir atas hamba
sahaya ataupun orang merdeka, laki-laki maupun perempuan, anak kecil atau
dewasa, dari orang-orang (yang mengaku) Islam. Dan beliau menyuruh menyerahkan
sebelum orang-orang keluar dari shalat Hari Raya Fitri.(muttafaqun ‘alaih).[7]
DAFTAR PUSTAKA
Al-Asqalani,
Ibn Hajar, Bulughul Maram, Semarang: Maktabah Toha Putera,[tth].
Al- Sijitsani, Abu Dawud, Sunan Abu Dawud, [Maktabah Syamilah].
Abu
Bakar,
Taqiyyudin, Kifayah al-Akhyar, Beirut: Dar al-Fikr, ,[tth].
Al-Baijuri, Ibrahim, Hasyiyah al-Bajuri
‘ala Ibni Qasim al-Ghazi, Baerut: Dar al-Fikr, 1994.
Al- Bukhari ,Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, Semarang: Maktabah Toha Putera,[tth] / Maktabah Syamilah.
Al-Hadhrami, Sa’id bin Muhammad
Ba’asyan, Busyra al-Karim, Indonesia: Dar al-Kutub al-Arabiyah,[tth].
RI,Departemen Agama, Al-Qur’an
dan Terjemahannya, Juz 1-30, Surabaya:Danakarya,2004.
Syatha,
Abu Bakar, I’anah
at-Thalibin, Beirut: Dar al-Fikr,1993.
[1]
Ibrahim
al-Baijuri, Hasyiyah al-Bajuri ‘ala Ibni Qasim al-Ghazi, (Baerut: Dar
al-Fikr, 1994),hlm.386-387.
[2]
Departemen Agama RI, Al-Qur’an
dan Terjemahannya, Juz 1-30, (Surabaya:Danakarya,2004)
1609ـ حدثنا محمود بن خالد الدمشقي وعبد اللّه بن عبد الرحمن
السمرقندي قالا: ثنا مروان، قال عبد اللّه: قال: ثنا أبو يزيد الخَوْلاني، وكان
شيخ صدق، وكان عبد اللّه بن وهب يروي عنه، ثنا سيار بن عبد الرحمن، قال: محمود
الصدفي عن عكرمة، عن ابن عباس قال:
فرض رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم
زكاة الفطر طهرةً للصائم من اللغو والرَّفثِ وطعمةً للمساكين، من أداها قبل الصلاة
فهي زكاة مقبولة، ومن أداها بعد الصلاة فهي صدقة من الصدقات.
[4]
Abu Bakar Syatha, I’anah at-Thalibin,
(Beirut: Dar al-Fikr,1993),juz
ii,hlm.189-190. Lihat
juga, Ibrahim
al-Baijuri,op.cit.,hlm.413-414, Taqiyyudin
Abu Bakar, Kifayah al-Akhyar, (Beirut: Dar al-Fikr),juz i,hlm.192.
[5] Sa’id bin Muhammad Ba’asyan
al-Hadhrami, Busyra al-Karim,(Indonesia :Dar al-Kutub
al-Arabiyah,tth),juz ii,hlm.40.
[6]
Departemen Agama RI, Al-Qur’an
dan Terjemahannya, Juz 1-30, (Surabaya:Danakarya,2004)
[7]
Ibn Hajar
al-Asqalani, Bulughul Maram, (Semarang: Toha Putera,tth].hlm.649.
lihat juga Abu ‘Abdillah
Muhammad bin Isma’il al-Bukhari , Shahih Bukhari, Toha Putera,Semarang,
juz ii,[tth]./ Shahih
Bukhari,
(Maktabah Syamilah), hadis no:1432.
1432 -
حدثنا يحيى بن محمد بن السكن: حدثنا محمد بن جهضم: حدثنا إسماعيل ابن جعفر، عن عمر
بن نافع، عن أبيه، عن ابن عمر رضي الله عنهما قال:
فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم
زكاة الفطر، صاعا من تمر أو صاعا من شعير، على العبد والحر، والذكر والأنثى،
والصغير والكبير، من المسلمين، وأمر بها أن تؤدى قبل خروج الناس إلى الصلاة.
Abu Dawud al-Sijitsani, Sunan
Abu Dawud, (Maktabah Syamilah), hadis no:1611.
1611ـ حدثنا عبد اللّه بن مسلمة، ثنا مالك، وقرأه عليَّ مالك
أيضاً، عن نافع، عن ابن عمر
أن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم
فرض زكاة الفطر، قال فيه فيما قرأه عليَّ مالك: زكاة الفطر من رمضان صاع من تمر أو
صاع من شعير، على كل حرّ أو عبد، ذكر أو أنثى من المسلمين.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan