Ahad, 23 Jun 2013

Sunnah-Sunnah Puasa



Sunnah-Sunnah Puasa

Di antara sunnah-sunnah puasa adalah:
1)      Makan sahur (تسحر) yang dilakukan mulai tengah malam sampai terbitnya fajar shadiq. Apabila dilakukan sebelum tengah, maka tidak mendapatkan kesunahannya sahur, berkaitan dengan sahur yang lebih baik lagi di lakukan mengakhirkannya (kira-kira baca 50 ayat sebelum terbit fajar).[1]
Menyegerakan berbuka apabila memang sudah masuk waktunya غروب) الشمس). Sunnahnya dengan beberapa kurma (3 kurna) jika tidak ada maka dengan minum beberapa teguk air (lebih utama air zamzam) ,lalu makanan atau minuman manis yang alami (tanpa di rebus), misal anggur, susu, madu. Minum susu lebih utama daripada madu, dan makan daging lebih utama dari susu dan madu. Kemudian setelah itu makanan yang manis yang di rebus. [2] Dan membaca do’a:
اللهم لك صمت وعلى رزقك أفطرت ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجرإن شاء الله[3]   
2)      Mandi jinabah bagi yang menangung hadas sebelum terbitanya fajar (subuh), agar dalam menjalankan puasa dalam keadaan suci dan mengindari masuknya air saat mandi ke dalam anggota tubuh yang dapat membatalkan puasa ketika dilakukan pada siang hari (puasa).[4] Perlu di ketahui bagi orang yang mandi besar saat berpuasa yakni :
Tidak batal puasanya bagi orang memiliki hadas besar (haidh, nifas misalnya) ketika masuknya air ke telinga saat mandi di lakukan tanpa sengaja  dan tidak menyelam. Dan batal puasanya bagi orang yang mandi sunnah (masnun) dan mandi untuk kesegaran (tabarrud) walaupun mandinya tidak menyelam.[5]
3)      Menjauhkan diri dari makanan-makanan yang syubhat, dan juga kesenangan-kesenganan yang di perbolehkan baik melalui pendengaran, penciuman, penglihatan dan sebagainya, serta menahan diri dari perkataan-perkataan yang kotor yang dapat menghapus pahalanya puasa semisal dusta, mengguncing, mencaci dan sebagainya.[6]
4)      Memperbanyak shadaqah, berbuat baik kepada keluarga, tetangga , serta mengajak untuk berbuka bersama.[7]
5)      Memperbanyak baca al-Qur’an, walaupun di jalan, (bukan tempat kotor semisal jamban). Adapun waktu siang yang lebih utama untuk membaca al-Qur’an adalah setelah shubuh, sedangkan lebih utamanya malam adalah waktu sahur dan waktu diantara shalat maghrib dan isya.[8]
Imam Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf al-Nawawi atau lebih masyhur disebut al-Nawawi dalam al-Adzkar-nya mengatakan:
“Lebih utamanya membaca al-Qur’an itu adalah ketika di dalam shalat. Madzhab asy-Syafi’i dan yang lainnya berpendapat bahwa memanjangkan bacaan al-Quran saat berdiri dalam shalat itu lebih utama dari memanjangkan sujud dan selainnya. Sedangkan lebih utama membaca al-Qur’an di luar shalat adalah pada waktu malam hari, dan tengah malam lebih utama dari awal malam, dan membaca al-Qur’an di antara waktu mahgrib dan isya’ itu sangat di sukai, waktu siang yang lebih utama adalah setelah shubuh. Dan juga tidak makruh membaca al-Qur’an di selain waktu-waktu tersebut, termasuk waktu yang di larang untuk melakukan shalat semisal setelah ashar. Adapun hadis yang di hikayahkan dari Abu Dawud rahimahullah dari mu’adz bin Rifa’ah rahimahullah, dari guru-gurunya. Mereka menyatakan “makruh membaca al-Qur’an setelah shalat ashar karena waktu tersebut adalah waktu belajarnya orang Yahudi” adalah tertolak dan tidak ada dalilnya sama sekali.Sedangkan hari-hari yang lebih utama membaca al-Qur’an adalah jum’at, senin, kamis, dan hari Arafah. Dari tanggal sepuluh ke atas yang lebih utama adalah tanggal 10 awal dari bulan Dzul hijjah, sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Dan dari bulan yang paling utama dalam membaca al-Qur’an adalah bulan Ramadhan”.[9]
6)      Memperbanyak ibadah, termasuk i’tikaf terutama pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan , karena terdapat lailatul qadr pada waktu tersebut.[10]



DAFTAR PUSTAKA
Al-Tirmidzi, Abu ‘Isa Muhammad, Sunan al-Tirmidzi, (Maktabah Syamilah).
Al-Nawawi, Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf, al-Adzkar, Semarang:Karya Insan, [tth].
Al-Baijuri, Ibrahim, Hasyiyah al-Bajuri ‘ala Ibni Qasim al-Ghazi, Baerut: Dar al-Fikr, 1994.
Al-  Bukhari ,Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, Semarang: Toha Putera,[tth] / Maktabah Syamilah
Al-Hadhrami, Sa’id bin Muhammad Ba’asyan, Busyra al-Karim, Indonesia: Dar al-Kutub al-Arabiyah,[tth].       
Syatha, Abu Bakar, I’anah at-Thalibin,  Beirut: Dar al-Fikr,1993.



[1] Ibrahim al-Baijuri, Hasyiyah al-Bajuri ‘ala Ibni Qasim al-Ghazi, (Baerut: Dar al-Fikr, 1994),hlm.436.
lihat juga Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il al-Bukhari , Shahih Bukhari, Toha Putera,Semarang, juz ii,[tth]./ Shahih Bukhari, (Maktabah Syamilah), hadis no:1851,1823.
1821- حدثنا مسلم بن إبراهيم: حدثنا هشام: حدثنا قتادة، عن أنس، عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال:
 تسحرنا مع النبي صلى الله عليه وسلم، ثم قام إلى الصلاة، قلت: كم كان بين الأذان والسحور؟. قال: قدر خمسين آية

1823 - حدثنا آدم بن أبي إياس: حدثنا شعبة: حدثنا عبد العزيز بن صهيب قال: سمعت أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم: (تسحروا، فإن في السحور بركة).
[2] Ibrahim al-Baijuri,loc.cit.
Lihat juga, Abu ‘Isa Muhammad al-Tirmidzi, Sunan al-Tirmidzi, (Maktabah Syamilah), hadis no:696.
[ 696 ] حدثنا محمد بن رافع حدثنا عبد الرزاق أخبرنا جعفر بن سليمان عن ثابت عن أنس بن مالك قال كان النبي صلى الله عليه وسلم يفطر قبل أن يصلي على رطبات فإن لم تكن رطبات فتميرات فإن لم تكن تميرات حسا حسوات من ماء

lihat juga Shahih Bukhari, hadis no:1856.
1856 - حدثنا عبد الله بن يوسف: أخبرنا مالك، عن أبي حازم، عن سهل بن سعد: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (لا يزال الناس بخير ما عجلوا الفطر).

[3] Abu Bakar Syatha,  I’anah at-Thalibin, (Beirut: Dar al-Fikr,1993),juz ii,hlm.279.
[4] Sa’id bin Muhammad Ba’asyan al-Hadhrami, Busyra al-Karim,(Indonesia :Dar al-Kutub al-Arabiyah,tth),juz ii,hlm.74.
[5] Abu Bakar Syatha,op.cit.,hlm.264.
[6] Ibid,hlm.280.
lihat juga Shahih Bukhari, hadis no:1805.
1805 - حدثنا إبراهيم بن موسى: أخبرنا هشام بن يوسف، عن ابن جريج قال: أخبرني عطاء، عن أبي صالح الزيات: أنه سمع أبا هريرة رضي الله عنه يقول:
 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (قال الله: كل عمل ابن آدم له إلا الصيام، فإنه لي وأنا أجزي به، والصيام جنة، وإذا كان يوم صوم أحدكم فلا يرفث ولا يصخب، فإن سابه أحد أو قاتله فليقل: إني امرؤ صائم. والذي نفس محمد بيده، لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك. للصائم فرحتان يفرحهما: إذا أفطر فرح، وإذا لقي ربه فرح بصومه).

[7] Abu Bakar Syatha,op.cit.,hlm.283.
Lihat, Sunan al-Tirmidzi,hadis no:807
[ 807 ] حدثنا هناد حدثنا عبد الرحيم عن عبد الملك بن أبي سليمان عن عطاء عن زيد بن خالد الجهني قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من فطر صائما كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا قال أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح

[8] Abu Bakar Syatha,op.cit.,hlm.284.
[9] Al-Nawawi, al-Adzkar,(Semarang:Karya Insan, tth),hlm.87.
[10] Sa’id bin Muhammad Ba’asyan al-Hadhrami,op.cit.,hlm.75.
lihat juga Shahih Bukhari, hadis no:1802,1916,1922.
1802 - حدثنا مسلم بن إبراهيم: حدثنا هشام: حدثنا يحيى، عن أبي سلمة، عن أبي هريرة رضي الله عنه،عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (من قام ليلة القدر إيمانا واحتسابا، غفر له ما تقدم من ذنبه، ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه).
                                     
(1916) - حدثني محمد: أخبرنا عبدة، عن هشام بن عروة، عن أبيه، عن عائشة قالت: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يجاور في العشر الأواخر من رمضان، ويقول: (تحروا ليلة القدر في العشر الأواخر من رمضان).                                                   
                               
1922 - حدثنا عبد الله بن يوسف: حدثنا الليث، عن عقيل، عن ابن شهاب، عن عروة بن الزبير، عن عائشة رضي الله عنها، زوج النبي صلى الله عليه وسلم: أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يعتكف العشر الأواخر من رمضان حتى توفاه الله، ثم اعتكف أزواجه من بعده.




Tiada ulasan:

Catat Ulasan