Isnin, 20 Mei 2013

Imam Ibnu Hajar dan Imam Bulqini Tentang Zakat Fitrah Dengan Uang

Bismillah,

Zakat fitrah dengan uang.

Lebih praktis mana menunaikan Zakat fitrah dengan beras (2,7 kg atau di bulatkan 3 kg) ,
atau dengan uang seharga itu...?

Mungkin bagi sebagian orang membayar zakat fitrah dengan uang lebih praktis, dan dengan uang tersebut , mereka yang menerimanya bisa di menggunakan untuk membeli apa saja yang sesuai dengan yang di inginkan,

Semua hal yang berkaitan dengan Zakat fitrah sudah di jelaskan syara' di antaranya adalah Hadits Nabi Muhammad SAW,bahwa :

"Rosululloh SAW, menfardlukan zakat fitrah pada manusia, yang di keluarkan pada bulan Romadlon, berupa satu sho' kurma atau satu sho' gandum, bagi setiap orang yang merdeka, budak , lelaki, perempuan dan orang-orang islam"
[HR.Bukhori dan Muslim]

Tujuan dari zakat fitrah adalah untuk mensejahterakan dan memberi kecukupan bagi yang berhak menerimanya, dan konsep dasar dalam pembayaran zakat fitrah adalah berupa makanan pokok yang di konsumsi tiap-tiap suatu negara,

Dalam masalah zakat fitrah dengan uang,sebenarnya terjadi khilaf atau perbedaan ulama di antara Imam Madzhab,

Menurut Imam Syafi'i, Imam Malik dan Imam Ahmad berpendapat bahwa membayarkan zakat ftrah dengan uang itu tidak di perbolehkan,

Sedangkan menurut Imam Abu Hanifah, membayar zakat fitrah dengan uang itu di perbolehkan, menurut beliau hal tersebut lebih efektif, karena dengan uang dapat memudahkan untuk mewujudkan keinginan ,

Dan yang terpenting lagi kata Imam Abu Hanifah bahwa tujuan dari yang wajib dari membayar zakat adalah "Ighnaul Fuqoro' yakni memberi kecukupan bagi para faqir ( orang yang membutuhkan)
[lihat Fiqih Islam Juz 2 hal 909-910]

Apakah dari ulama madzhab Syafi'iyyah ada yang cenderung membenarkan pendapat Imam Abu Hanifah yang mengatakan di perbolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan berupa uang ?

ehem-ehem...
Ternyata jawabannya adalah Ada,
Yakni Imam Ibnu Hajar dan Imam Bulqini dan beberapa ulama lain, mereka membenarkan apa yang di sampaikan Imam Abu Hanifah,

Dan Ternyata pendapat para ulama ini boleh di ikuti atau taqlid ,karena kapasitas mereka di akui sebagai ulama Tarjih yakni mengunggulkan satu pendapat dari beberapa pendapat yang saling bertentangan

Dan sebagai ulama Takhrij yakni pekerjaan mencetuskan qoul Al-Mukhorroj..
Al-Mukhorroj adalah :

Pendapat yang di ungkapkan Mujtahid atas permasalahan baru yang tidak ditemuakan satu pendapatpun dari ulama sebelumnya, namun ia memiliki pendapat yang menyikapi permasalahan yang sama,
sehingga ia tidak mendapatkan perbedaan di antara ke duanya.
[lihat Tarsyihul Mustafidin hal : 154]

Dan menurut Imam abu Hanifah bahwa kadar uang yang di bayarkan harus sesuai harga makanan yang manshush (teks hadits) sebagai zakat fitrah yakni 1 sho' tamr (kurma kering) 1 sho' sya'ir (gandum) 1/2 sho' zabib (anggur kering) dan 1/2 sho' burr (gandum) ,
Harga tersebut menjadi acuan saat waktu wajib zakat fitrah telah tiba (malam idul fitri)

Pengambilan Ibarot :

Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzab juz 6 hal 113

المجموع الجزء السادس ص: 113
( مسألة ) لا تجزئ القيمة في الفطرة عندنا . وبه قال مالك وأحمد وابن المنذر . وقال أبو حنيفة يجوز حكاه ابن المنذر عن الحسن البصري وعمر بن عبد العزيز والثوري قال وقال إسحاق وأبو ثور لا تجزئ إلا عند الضرورة .

Tarsyihul Mustafidin hal 154

ترشيح المستفيدين ص: 154
فائدة: لا يجوز فى مذهب الامام الشافعى رحمه الله تعالى اخراج العرض عن القيمة فمن اراد اخراجه عنها قلد غيره ممن يرى الجواز كما افتى ابن حجر وغيره بجواز التقليد فى ذلك قال ابن زياد فى فتاويه أفتى البلقينى بجواز اخراج الفلوس الجدد المسماة بالمناقير فى زكاة النقد والتجارة وقال انه الذى اعتقده وبه أعمل وان كان مخالفا لمذهب الشافعى والفلوس انفع للمستحقين وأسهل وليس فيها غش كما فى الفضة المغشوشة ويتضرر المستحق اذا وردت عليه ولا يجد لها بدلا اهـ ويسع المقلد تقليده لانه من اهل التخريج والترجيح لا سيما اذا راجت الفلوس وكثر رغبة الناس فيها وقد سلف البلقينى فى ذلك البخارى وهو معدود من الشافعية فانه قال فى صحيحه باب العرض فى الزكاة وقال طاوس قال معاذ لأهل اليمن أئتونى بعرض ثياب خميص او لبيس فى الصدقة مكان الشعير والذرة أهون عليكم وخير لأصحاب النبى صلى الله عليه وسلم بالمدينة اهـ

Roddul Mukhtar juz 2 hal 286

رد المختار الجزء الثاني ص : 286
( وجاز دفع القيمة في زكاة وعشر وخراج وفطرة ونذر وكفارة غير الإعتاق ) وتعتبر القيمة يوم الوجوب وقالا يوم الأداء . وفي السوائم يوم الأداء إجماعا وهو الأصح ويقوم في البلد الذي المال
فيه ولو في مفازة ففي أقرب الأمصار إليه فتح
قال الحنفية تجب زكاة الفطر من أربعة أشياء الحنطة والشعير والتمر والزبيب وقدرها نصف صاع من حنطة أو صاع من شعير أو تمر أو زبيب والصاع عند أبي حنيفة ومحمد ثمانية أرطال بالعراقي، والرطل العراقي مئة وثلاثون درهماً، ويساوي 3800 غراماً؛ لأنه عليه السلام كان يتوضأ بالمد رطلين، ويغتسل بالصاع ثمانية أرطال وهكذا كان صاع عمر رضي الله عنه وهو أصغر من الهاشمي، وكانوا يستعملون الهاشمي.. إلى أن قال.. دفع القيمة: ويجوز عندهم أن يعطي عن جميع ذلك القيمة دراهم او دنانير او فلوسا او عروضا او ما شاء لأن الواجب في الحقيقة إغناء الفقير لقوله صلى الله عليه وسلم اغنوهم عن المسألة في مثل هذا اليوم والإغناء يحصل بالقيمة بل اتم واوفر وايسر لأنها اقرب الى دفع الحاجة فتبين ان النص معلل بالإغناء اهـ

Fiqih Islam juz 2 hal 909-910


فقه الاسلامى الجزء الثانى ص: 909-910
قال الحنفية تجب زكاة الفطر من أربعة أشياء الحنطة والشعير والتمر والزبيب وقدرها نصف صاع من حنطة أو صاع من شعير أو تمر أو زبيب والصاع عند أبي حنيفة ومحمد ثمانية أرطال بالعراقي، والرطل العراقي مئة وثلاثون درهماً، ويساوي 3800 غراماً؛ لأنه عليه السلام كان يتوضأ بالمد رطلين، ويغتسل بالصاع ثمانية أرطال وهكذا كان صاع عمر رضي الله عنه وهو أصغر من الهاشمي، وكانوا يستعملون الهاشمي.. إلى أن قال.. دفع القيمة: ويجوز عندهم أن يعطي عن جميع ذلك القيمة دراهم او دنانير او فلوسا او عروضا او ما شاء لأن الواجب في الحقيقة إغناء الفقير لقوله صلى الله عليه وسلم اغنوهم عن المسألة في مثل هذا اليوم والإغناء يحصل بالقيمة بل اتم واوفر وايسر لأنها اقرب الى دفع الحاجة فتبين ان النص معلل بالإغناء اهـ

Wallahu A'lam.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan