Beliau adalah Al Allamah Al Muhaddits Al Musnid Al Faqih Al Ushuli As 
Syeikh Muhammad Mahfudz. Lahir di Tarmas (Termas) Jawa Tengah pada 
tanggal 12 Jumadi Al Ula 1285 H, dikala ayah beliau bermukim di Makkah. 
Beliau diasuh oleh ibu dan para pamanya.
Memperoleh ilmu dasar fiqih di usia muda dari beberapa ulama Jawa, dan 
beliau juga menghafal Al Qur’an. Kemudian ayah beliau, Al Allamah Al 
Faqih Syeikh Abdullah At Tarmusi memanggilnya untuk belajar di Makkah. 
Pada tahun 1291 beliau berangkat menemui sang ayah dan bermukim di 
Makkah untuk membaca beberapa kitab di hadapan beliau. Kemudian Syeikh 
Mahfudz kembali ke Jawa dan berguru kepada Al Allamah Syeikh Shalih bin 
Umar As Samarani (Semarang), juga untuk membaca beberapa kitab.
Kemudian,Syeikh Mahfudz melakukan rihlah thalab al ilmi untuk 
kedua kalinya ke Makkah dan mengambil berbagai disiplin ilmu dari para 
ulama besarnya. Diantara para guru Syeikh Mahfudz adalah Al Allamah As 
Sayyid Abi Bakr bin Muhammad Syatha Al Makki, yang merupakan pijakan 
Syeikh Mahfudz dalam periwayatan hadits. Syeikh Mahfudz juga menyimak 
banyak kitab hadits dan musthalah-nya dari Al Allamah Al Muhaddits As 
Sayyid Husain bin Muhammad Al Habsyi Al Makki yang dikenal sebagai “Ibnu
 Mufti” (Anak Mufti). Beliau juga banyak membaca kitab hadits dan 
ilmunya di hadapan Al Allamah Syeikh As Syafi’iyah Makkah Syeikh 
Muhammad Sa’id Ba Bashil. Beliau juga memperoleh ilmu qira’at 14 dari Al Allamah Syeikh Muhammad As Syarbini Ad Dimyathi.
Dalam menuntut ilmu, beliau benar-benar bermujahadah dengan terjaga di 
malam hari, hingga terlihat kelebihan beliau dalam hadits dan 
ilmu-ilmunya, juga menguasai fiqih dan ushulnya, serta ilmu qira’at. 
Sehingga para guru beliau memberikan izin untuk mengajar. Syeikh Mahfudz
 mengajar di Bab As Shafa Masjid Al Haram dan di rumah tempat beliau 
tinggal.
Dari beliau, keluar para ulama baik, yang berasal dari tanah Jawa maupun
 Arab. Mereka adalah Kyiai Raden Dahlan As Samarani (Semarang), Kyiai 
Muhammad Dimyathi At Tarmusi (Termas), Kyiai Khalil Al Lasimi (Lasem), 
Kyiai Muhammad Hasyim bin Asy’ari Al Jumbani (Jombang), Kyiai Muhammad 
Faqih bin Abdi Al Jabbar Al Maskumbani (Maskumambang), Kyiai Baidhawi, 
Kyiai Abdu Al Muhaimin putra Abdul Aziz Al Lasimi, Kyiai Nawawi Al 
Fasuruwani (Pasuruan), Kyai Abbas Buntet As Syirbuni (Cirebon), Kyiai 
Abdul Muhith bin Ya’kub As Sidarjawi As Surabawi (Sidoarjo-Surabaya). Yang juga meriayatkan dari Syeikh Mahfudz adalah As Syeikh Muhammad Al 
Baqir bin Nur Al Jukjawi (Jogja), Kyiai Ma’shum bin Ahmad Al Lasimi 
(Lasem), Kyiai Shiddiq bin Abdillah Al Lasimi (Lasem), Kyiai Abdul 
Wahhab bin Hasbullah Al Jumbani (Jombang).
Sedangkan para ulama Arab dan lainnya yang mengambil periwayatan dari 
Syeikh Mahfudz adalah Al Muhaddits Syeikh Habibullah As Syanqithi, 
Muhaddits Al Harmain As Syeikh Hamdan, Syeikh Ahmad Al Mukhalilati, 
Syeikh Umar bin Abi Bakr Ba Junaid Al Makki, Syeikh Muhammad Abdul Baqi 
Al Ayubi Al Laknawi.
Beliau mengajar dengan menggunakan bahasa Arab fuskha (fasih) sebagai 
pengantar, walau terkadang beliau campur dengan bahasa Jawa. Karya-karya
 beliau antara lain, Al Manhaj Dzawi An Nadhr fi Syarh Alfiyah Al Atsar, Al Mauhibah Dzi Al Fadhl fi Hasyiyah Muqaddimah Ba Fadhal (4 jilid), Nail Al Ma’mul Hasyiyah Ghayah Al Wushul ala Lubb Al Ushul (3 jilid), Is’af Al Mathali’ bi Syarh Al Badr Al Lami’ Nadzmi Jam'i Al Jawami’ (2 jilid)Hasiyah Takammulah Al Minhaj Al Qawim (1 jilid), Ghunyah At Thalabah bi Syarh At Thayyibah fi Al Qaira’at Al Asyrah (1 jilid), Kifayah Al Mustafid li Ma Ala Asanid, yang berisi periwayatan Syeikh Mahfudz dalam semua disiplin ilmu dan lainnya.
Kelebihan beliau dikenal di berbagai kalangan, dari ketawadhu’an hingga kebaikan akhlak. Beliau juga tidak terlibat hal-hal yang tidak berguna. Datang dari Jawa ke Tanah Suci dengan perbekalan seadanya. Beliau juga dikenal sebagai alim yang wara’. Rumah beliau banyak didatangi para pencari ilmu, baik untuk sekedar mengucap salam maupun untuk mencari ilmu.
Beliau wafat di Makkah di tanggal 1 Rajab, sesaat sebelum adzan Maghrib 
hati Ahad, malam Senin tahun 1336 H. Jenazah beliau diantar banyak 
orang, dan dimakamkan di pemakaman Al Ma’la. Beliau meninggalkan satu 
anak, yakni Kyiai Muhammad bin Mahfudz. Semoga Allah merahmati beliau.
_____________________________________
Tulisan ini disadur dari "Kifayah Al Mustafid li Ma ‘Ala min Al Asanid",
 karya Al Muhaddist Al Musnid Al Faqih As Syeikh Muhammad Mahfudz bin 
Abdillah At Tarmusi Al Jawi Al Indunisi, terbitan Dar Al Basyair. http://www.hidayatullah.com/read/17127/20/05/2011/syeikh-at-tarmusi:-penyambung-sanad-ulama-nusantara-[1].html

Tiada ulasan:
Catat Ulasan