Beliau adalah Al Allamah Al Muhaddits Al Musnid Al Faqih Al Ushuli As
Syeikh Muhammad Mahfudz. Lahir di Tarmas (Termas) Jawa Tengah pada
tanggal 12 Jumadi Al Ula 1285 H, dikala ayah beliau bermukim di Makkah.
Beliau diasuh oleh ibu dan para pamanya.
Memperoleh ilmu dasar fiqih di usia muda dari beberapa ulama Jawa, dan
beliau juga menghafal Al Qur’an. Kemudian ayah beliau, Al Allamah Al
Faqih Syeikh Abdullah At Tarmusi memanggilnya untuk belajar di Makkah.
Pada tahun 1291 beliau berangkat menemui sang ayah dan bermukim di
Makkah untuk membaca beberapa kitab di hadapan beliau. Kemudian Syeikh
Mahfudz kembali ke Jawa dan berguru kepada Al Allamah Syeikh Shalih bin
Umar As Samarani (Semarang), juga untuk membaca beberapa kitab.
Kemudian,Syeikh Mahfudz melakukan rihlah thalab al ilmi untuk
kedua kalinya ke Makkah dan mengambil berbagai disiplin ilmu dari para
ulama besarnya. Diantara para guru Syeikh Mahfudz adalah Al Allamah As
Sayyid Abi Bakr bin Muhammad Syatha Al Makki, yang merupakan pijakan
Syeikh Mahfudz dalam periwayatan hadits. Syeikh Mahfudz juga menyimak
banyak kitab hadits dan musthalah-nya dari Al Allamah Al Muhaddits As
Sayyid Husain bin Muhammad Al Habsyi Al Makki yang dikenal sebagai “Ibnu
Mufti” (Anak Mufti). Beliau juga banyak membaca kitab hadits dan
ilmunya di hadapan Al Allamah Syeikh As Syafi’iyah Makkah Syeikh
Muhammad Sa’id Ba Bashil. Beliau juga memperoleh ilmu qira’at 14 dari Al Allamah Syeikh Muhammad As Syarbini Ad Dimyathi.
Dalam menuntut ilmu, beliau benar-benar bermujahadah dengan terjaga di
malam hari, hingga terlihat kelebihan beliau dalam hadits dan
ilmu-ilmunya, juga menguasai fiqih dan ushulnya, serta ilmu qira’at.
Sehingga para guru beliau memberikan izin untuk mengajar. Syeikh Mahfudz
mengajar di Bab As Shafa Masjid Al Haram dan di rumah tempat beliau
tinggal.
Dari beliau, keluar para ulama baik, yang berasal dari tanah Jawa maupun
Arab. Mereka adalah Kyiai Raden Dahlan As Samarani (Semarang), Kyiai
Muhammad Dimyathi At Tarmusi (Termas), Kyiai Khalil Al Lasimi (Lasem),
Kyiai Muhammad Hasyim bin Asy’ari Al Jumbani (Jombang), Kyiai Muhammad
Faqih bin Abdi Al Jabbar Al Maskumbani (Maskumambang), Kyiai Baidhawi,
Kyiai Abdu Al Muhaimin putra Abdul Aziz Al Lasimi, Kyiai Nawawi Al
Fasuruwani (Pasuruan), Kyai Abbas Buntet As Syirbuni (Cirebon), Kyiai
Abdul Muhith bin Ya’kub As Sidarjawi As Surabawi (Sidoarjo-Surabaya). Yang juga meriayatkan dari Syeikh Mahfudz adalah As Syeikh Muhammad Al
Baqir bin Nur Al Jukjawi (Jogja), Kyiai Ma’shum bin Ahmad Al Lasimi
(Lasem), Kyiai Shiddiq bin Abdillah Al Lasimi (Lasem), Kyiai Abdul
Wahhab bin Hasbullah Al Jumbani (Jombang).
Sedangkan para ulama Arab dan lainnya yang mengambil periwayatan dari
Syeikh Mahfudz adalah Al Muhaddits Syeikh Habibullah As Syanqithi,
Muhaddits Al Harmain As Syeikh Hamdan, Syeikh Ahmad Al Mukhalilati,
Syeikh Umar bin Abi Bakr Ba Junaid Al Makki, Syeikh Muhammad Abdul Baqi
Al Ayubi Al Laknawi.
Beliau mengajar dengan menggunakan bahasa Arab fuskha (fasih) sebagai
pengantar, walau terkadang beliau campur dengan bahasa Jawa. Karya-karya
beliau antara lain, Al Manhaj Dzawi An Nadhr fi Syarh Alfiyah Al Atsar, Al Mauhibah Dzi Al Fadhl fi Hasyiyah Muqaddimah Ba Fadhal (4 jilid), Nail Al Ma’mul Hasyiyah Ghayah Al Wushul ala Lubb Al Ushul (3 jilid), Is’af Al Mathali’ bi Syarh Al Badr Al Lami’ Nadzmi Jam'i Al Jawami’ (2 jilid)Hasiyah Takammulah Al Minhaj Al Qawim (1 jilid), Ghunyah At Thalabah bi Syarh At Thayyibah fi Al Qaira’at Al Asyrah (1 jilid), Kifayah Al Mustafid li Ma Ala Asanid, yang berisi periwayatan Syeikh Mahfudz dalam semua disiplin ilmu dan lainnya.
Kelebihan beliau dikenal di berbagai kalangan, dari ketawadhu’an hingga kebaikan akhlak. Beliau juga tidak terlibat hal-hal yang tidak berguna. Datang dari Jawa ke Tanah Suci dengan perbekalan seadanya. Beliau juga dikenal sebagai alim yang wara’. Rumah beliau banyak didatangi para pencari ilmu, baik untuk sekedar mengucap salam maupun untuk mencari ilmu.
Beliau wafat di Makkah di tanggal 1 Rajab, sesaat sebelum adzan Maghrib
hati Ahad, malam Senin tahun 1336 H. Jenazah beliau diantar banyak
orang, dan dimakamkan di pemakaman Al Ma’la. Beliau meninggalkan satu
anak, yakni Kyiai Muhammad bin Mahfudz. Semoga Allah merahmati beliau.
_____________________________________
Tulisan ini disadur dari "Kifayah Al Mustafid li Ma ‘Ala min Al Asanid",
karya Al Muhaddist Al Musnid Al Faqih As Syeikh Muhammad Mahfudz bin
Abdillah At Tarmusi Al Jawi Al Indunisi, terbitan Dar Al Basyair. http://www.hidayatullah.com/read/17127/20/05/2011/syeikh-at-tarmusi:-penyambung-sanad-ulama-nusantara-[1].html
Tiada ulasan:
Catat Ulasan